Tuesday, June 20, 2017

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca - Smartphone android ini berguna untuk alat telekomunikasi dimana kartu sim yang kita gunakan adalah sebagai salah satu identitas yang bisa dihubungi melalui nomor telepon yang ada. Pada awal kita baru saja membelinya tentu saja masih bagus dan tidak terjadi masalah apapun.

Namun semakin lama dan berjalannya waktu permasalahan pun kerap muncul seperti SIM Card Tidak Terbaca atau tidak terdeteksi pada ponsel tersebut. Dalam hal ini bisa saja terjadi pada siapa pun termasuk kalian sendiri, tetapi kalian mungkin pernah memikirkan untuk Cara Memperbaiki SIM Card Yang Tidak Terbaca bahkan dengan cara apapun.
Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca
Hal serupa pernah saya alami sendiri, pada waktu itu saya sering mencopot dan memasang kartu sim pada ponsel android, gara-gara hal itu yang membuat kartu sim saya error alias tidak bisa terdeteksi pada smartphone android. Saya berfikir untuk mencari tahu apa penyebab masalah ini dan akhirnya saya mengerti bahwa waktu itu saya sering melakukan bongkar pasang sim card.

Nah, mungkin saja hal itu yang disebabkan pada smartphone android kalian, karena tanpa kita sadari bahwa penyebab sim card tidak terbaca atau terdeteksi ini disebabkan oleh kita sendiri sebagai pemilik hp android tersebut. Tidak bisa terdeteksinya kartu sim ini bisa kita lihat pada status bar di layar android yang memberitahukan keterangan "Sim Card Not Inserted" dan lainnya.

Namun, bukan hanya penyebab diatas saja yang bisa membuat Kartu SIM Tidak Terbaca, tetapi masih ada banyak sekali penyebab utamanya. Jadi yang harus kita lakukan untuk pertama kali adalah mencari tahu apa saja yang membuat sim card tidak bisa terdeteksi pada hp android, dan dibawah ini ada beberapa penyebab terjadinya kartu sim tidak terdeteksi.

Penyebab SIM Card Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi


  1. Sering menggonta-ganti kartu sim
  2. Lempengan kuningan kotor
  3. Slot sim card rusak
  4. Penerapan tidak benar
  5. System android error

Nah diatas ada beberapa penyebabnya, namun bisa saja ada yang lain karena yang saya berikan adalah hal yang paling umum terjadi pada masalah kartu sim tidak bisa terbaca, dan sekarang kita akan mulai cara memperbaiki sim card yang tidak bisa terbaca atau terdeteksi.


Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi


1. Membersihkan Sim Card

Hal yang pertama kita lakukan untuk memperbaiki kartu sim yang tidak dapat terdeteksi di hp android ini kita bisa membersihkan lempengan kuningan yang terdapat pada kartu sim tersebut. Biasanya jika chip kartu sim tersebut kotor akan menghalangi proses insert pada smartphone, ini biasanya sim card kalian sudah sangat terlalu lama dan membuatnya begitu kotor. Coba kalian bersihkan menggunakan sebuah penghapus pensil dan gesekan perlahan pada chip yang kotor, jangan terlalu ditekan atau keras karena pada kartu sim yang sudah sangat lama itu pasti rapuh dan mudah sekali patah.

2. Membersihkan Slot SIM Card

Hal yang kedua setelah kalian membersihkan kuningan pada sim card yang selanjutnya adalah membersihkan slot atau tempat kartu sim tersebut. Percuma saja kalian hanya membersihkan sim card saja karena kotoran yang ada pada kartu sim tersebut akan ikut menempel pada tempat/slot. Untuk membersihkannya kita tidak menggunakan penghapus namun dengan cara meniupnya supaya debu yang menempel itu hilang atau bisa datang kebengkel motor terdekat untuk meminta kompresor angin supaya kotoran yang kuat menempel akan hilang dan bersih.

3. Sim Card Sudah Rusak

Seperti yang telah saya sebutkan bahwa pada kartu sim yang sudah tua (lama dipakai) itu sangat mudah sekali patah dan rusak, jika sudah seperti ini kita mau tidak mau untuk menggantinya dengan yang baru. Masalah pada nomor yang sangat penting kita tidak usah pikirkan, karena bisa dikembalikan dengan data ke galeri provider masing-masing dan bisa juga ke tempat jasa pengembalian nomor kartu sim supaya bisa mendapatkan nomor yang sama pada sim card yang rusak tersebut.

4. Penerapan Tidak Sesuai

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca yang selanjutnya bisa saja terjadi karena pada saat kalian memasang kartu sim itu tidak sesuai dan benar. Sedikit saja chip dan kuningan yang ada pada slot kartu tersebut tidak saling menempel tentu saja tidak akan terdeteksi, jadi coba periksa kembali apakah sudah sesuai atau belum. Dan yang perlu kalian ketahui juga bahwa biasanya tempat sim card tersebut bisa saja sudah kendor dan tidak kencang saat kita menerap kartu sim dan hasilnya posisi akan berubah jika terkena benturan atau yang lainnya.

5. Slot Sim Card Sudah Rusak

Nah pada yang terakhir jika masih belum juga terselesaikan masalah Kartu SIM Tidak Bisa Terbaca ini disebabkan karena slot nya itu rusak. Tentu jika sudah rusak maka harus segera diganti supaya dapat kembali normal lagi, kerusakan ini juga disebabkan karena yaitu tadi kalian sering melakukan bongkar pasang dan terlalu kasar dalam menerapnya sehingga kuningan slot sim tersebut ada yang patah atau lainnya. Untuk masalah biaya mengganti slot sim card, ini kisaran Rp. 30.000 yang sudah termasuk biaya pasangnya juga, jadi tidak usah takut mahal tetapi sebaliknya yaitu sangat murah sekali.

Nah itulah tips yang saya share untuk kalian dari Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca atau Tidak Terdeteksi, informasi tersebut tentu akan sangat berguna sekali bagi kalian yang mengalami kejadian serupa yang saya alami sebelumnya, jadi artikel ini tentu saja akan berguna sekali, terima kasih.


EmoticonEmoticon